Senin, 28 November 2011

PHOTON




PHOTON merupakan tenaga yang dihasilkan oleh benturan anti-materi sehngga menghasilkan tenaga yang luar biasa.

Photon adalah sebuah partikel dasar (yang artinya sebuah partikel yang gak bisa diuraikan lagi). Photon dikenal sebagai unit terkecil dalam bidang elektromagnetik, sehingga dia dikenal sebagai unit dasar buat cahaya dan force elektromagnetik. Yang menarik dari photon adalah kalau ia punya ciri gelombang dan juga punya ciri sebuah partikel. Ini maksudnya, photon bisa dibias oleh lensa, bisa berinteferensi dengan gelombang lain, dan dia juga bisa dideteksi ketika dianalisis sebagai sebuah partikel.

Ciri-Ciri Photon

Photon adalah partikel yang unik karena dia tidak punya massa (ini menyebabkan dia tidak punya inersia dan gravitasi). Photon juga tidak punya electric charge (artinya tidak ada photon yang bermuatan positif atau negatif). Selain itu, photon juga tidak bisa luruh seperti halnya partikel radioaktif lain. Di ruang vakum, photon bergerak dengan kecepatan cahaya 300 juta meter per sekon. Energi dan momentum photon ditentukan hanya oleh frekuensinya. Kecepatan photon bisa berkurang bila dia melewati material lain yang bukan vakum (contohnya di dalam air, photon melambat).

Dari mana photon tercipta?

Photon bisa tercipta dari beberapa proses alami: Photon tercipta ketika sebuah partikel yang bermuatan dipercepat. Photon tercipta ketika elektron dalam sebuah atom berpindah level. Photon tercipta ketika matter dan antimatter bertemu, bertabrakan, dan saling menghilangkan dan melepas energi besar yang berupa photon.

Penjelasan dari proses yang kedua (Photon tercipta ketika elektron dalam sebuah atom berpindah level.)

Kita tahu sebuah atom terdiri dari inti atom yang berisi neutron (tak bermuatan) dan proton (bermuatan positif). Lalu ada elektron (bermuatan negatif) yang bergerak mengelilingi inti tersebut. (catatan : di mekanika kuantum, kelakuan elektron jauh lebih aneh dari pada sekedar mengelilingi, tapi agar mempermudah, anggap saja dulu elektron mengelilingi inti atom walau sebenarnya tidak.).

Orbit elektron yang mengelilingi inti itu ada beberapa lapis. Dari lapis terdalam sampai lapis terluar, ada jumlah elektron yg berbeda (tergantung jenisnya). Semakin jauh dari inti, semakin besar energi yang dimiliki elektron itu.

Ketika sebuah elektron melompat dari lapis satu ke lapis lainnya, dibutuhkan/dilepaskan energi. Jika elektron melompat dari lapis dalam ke lapis luar, mereka memerlukan energi, sebaliknya jika elektron melompat dari lapis luar ke lapis dalam, mereka membuang energi, energi yang dibuang ini adalah sebuah paket kecil berupa energi cahaya, yang diberi nama photon.

Proses ketiga ini : Photon tercipta ketika matter dan antimatter bertemu, bertabrakan, dan saling menghilangkan dan melepas energi besar yang berupa photon.

Diduga inilah proses yang pertama kali menghasilkan photon ketika cahaya terbentuk 380 ribu tahun setelah big bang. Pada saat universe terbentuk, jumlah anti matter dan matter hampir sama banyaknya. Mereka bertabrakan satu sama lain, sehingga jumlah photon yang dihasilkan pada awal mula itu sungguh sangat banyak.

1 komentar:

  1. Assalamualaikum, Mau tanya, adakah pengaruh photon terhadap dna serta mempengaruhi akselerasi sifat apapun di alam dan sifat manusia ?

    BalasHapus

Iklan

Komentar Terbaru

Prodimaar