Senin, 05 Desember 2011

Indikator Kebahagian Dunia




MENURUT Ibnu Abbas ra ada 7 indikator kebahagiaan dunia :

1. QALBUN SYAKIRUN yaitu hati yang selalu bersyukur.memiliki jiwa syukur berarti selalu menerima apa adanya (qonaah),sehingga tidak ada ambisi yang berlebihan, tidak ada stress,inilah nikmat bagi hati yang selalu bersyukur.

2. AL AZWAJU SHALIHAH yaitu pasangan hidup yang shalih. Pasangan yang shalih akan menciptakan suasana rumah dan keluarga yang shalih juga.

3. AL AULADUN ABRAR yaitu anak yang shalih. Cinta orang tua tidak akan terbalaskan. Doa anak yang shalih kepada orang tuanya dijamin dikabulkan oleh Allah.

4. ALBIATU SHOLIHAH yaitu lingkungan yang kondusif untuk iman kita.orang-orang yang shalih akan selalu mengajak kepada kebaikan dan mengingatkan kita apabila kita berbuat salah.

5. AL MALUN HALAL yaitu harta yang halal. Islam tidak menyuruh umatnya untuk kaya.mengenai harta bukan banyaknya tapi halalnya.harta yang halal akan menjauhkan setan dari hatinya.maka hatinya semakin kokoh, bersih dan suci sehingga member ketenangan dalam hidupnya.

6. TAFAKUH FIDDIEN yaitu semangat untuk memahami agama, yang diwujudkan dalam semangat memahami ilmu-ilmu agama islam. Mengenal sifat-sifat Allah dan ciptaanNya.Allah menjanjikan nikmat bagi umatnya yang menuntut ilmu,semakin ia belajar semakin cinta ia kepada agamanya, semakin tinggi cinta kepada Allah dan rosulnya.cinta ini akan member cahaya bagi hatinya.

7. UMUR YANG BAROKAH yaitu umur yang semakin tua semakin shalih yang setiap detiknya diisi dengan amal ibadah.

Kata Nabi shallallahu‘alayhi wasallam “ amal shalih yang kalian lakukan tidak bisa memasukan kalian ke dalam surga, Kita dapat masuk surga hanya karena rahmat dan kebaikan Allah semata”. Jadi sholat kita, puasa kita, taqarub kita kepada Allah sebenarnya bukan untuk surga tetapi untuk mendapatkan rahmat Allah. Dengan rahmat Allah itulah kita akan masuk surga ….Insya Allah…. Amin.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Iklan

Komentar Terbaru

Prodimaar