Senin, 18 Juni 2012

Khasiat Singkong


Kandungan Gizi
Singkong atau banyak disebut juga dengan ubi kayu yang sudah banyak dikenal luas sebagai makanan pokok dan daunnya yang bisa dimanfaatkan sebagai sayuran.Singkong adalah penghasil karbohidrat sama seperti makanan pokok nasi dan daunnya yang kaya akan gizi. Singkong atau ubi kayu merupakan jenis  pohon tahunan tropika dan subtropika dari keluarga Euphorbiaceae. Tanaman singkong mulai dikenal di Amerika selatan dan sudah dikembangkan sejak jaman manusia prasejarah.Bentuk-bentuk modern dari spesies singkong yang telah dibudidayakan dapat ditemukan bertumbuh liar di Brasil selatan.

Efek makologis dari singkong adalah sebagai anti oksidan, anti kanker, anti tumor, dan menambah nafsu makan. Adapun bagian umum dipakai pada tanaman ini adalah daun dan umbi.

Umbi singkong memiliki kandungan kalori, protei
n, lemak, hidrat arang, kalsium, fosfor, zat besi, vitamin B dan C, dan amilum. Sedangkan daun singkong selain mengandung vitamin A, B1 dan C, juga mengandung kalsium, kalori, fosfor, protein, lemak, hidrat arang dan zat besi. Sementara kulit batangnya mengandung tannin, enzim peroksidase, glikosa, dan kalsium oksalat.

Manfaat Singkong Untuk Kesehatan


Penyakit yang dapat disembuhkan:

 
Rheumatik
Dapat dilakukan dengan pemakaian dalam dan pemakaian luar.
-Pada pemakaian luar sebanyak 5 lembar daun singkong ditambah 15 gram jahe merah dan kapur
sirih secukupnya dihaluskan dan ditambahkan air secukupnya, kemudian diaduk dan dioleskan pada bagian tubuh yang sakit.
-Pada pemakaian dalam 100 gram batang singkong ditambah 1 batang sereh dan 15 gram jahe direbus dengan 1.000 cc air hingga tersisa 400 cc. Lalu disaring dan diminum airnyasebanyak 200 cc. Lakukan dua kali sehari

Sakit Kepala

Daun singkong ditumbuk, lalu digunakan untuk kompres

Demam

60 gram batang pohon singkong ditambah 30 gram Jali yang telah direndam hingga lembut direbus dengan 800 cc air hingga tersisa 400 cc. Kemudian
ramuan disaring dan diminum 200 cc. Lakukan dua kali sehari.

Luka Bernanah

Batang singkong segar ditumbuk lalu ditempelkan pada bagian tubuh yang sakit. Untuk lakukan garukan, singkong diparut lalu ditempelkan pada bagian yang sakit dan diperban. Untuk yang terluka karena benda panas, singkong diparut lalu diperas, airnya didiamkan beberapa saat hingga patinya mengendap, lalu patinya dioleskan pada bagian yang luka.

Diare

7 lembar daun singkong direbus dengan 800 cc air hingga tersisa 400 cc . Lalu disaring dan diminum airnya sebanyak 200 cc. Lakukan dua kali sehari.

Cacingan

60 gram kulit batang singkong dan 30 gram daun ketepeng cina direbus dengan 600 cc hingga tersisa 300 cc. Lalu disaring dan diminum airnya menjelang tidur.

Beri-beri

200 gram daun singkong dimakan sebagai lalapan

Manfaat Lain


-Meningkatkan Stamina

Untuk meningkatkan stamina, 100 gram singkong, 25 gram kencur, dan 5 butir angco yang telah dibuang bijinya, diblender dengan menambah air secukupnya.
Ditambah madu dan diminum.
- Menetralisir Efek Radiasi Nuklir.
Singkong mentah bermanfaat menetralisir efek radiasi nuklir. Jauh lebih efektif dibandingkan iodium. Bisa dibalurkan ke badan atau dimakan. 

Cara memilih singkong yang baik
  • Kupas kulit singkong sedikit saja. Lihat warnanya, jika warnanya kekuningan itu adalah species singkong yang lebih bagus dari yang putih.
  • Patahkan sedikit ujungnya, perhatikan baik - baik, kalau ada bagian yang membiru sebaiknya
  • jangan dipilih. Singkong yang telah lama disimpan memang cenderung mengeluarkan noda biru atau hitam yang diakibatkan enzim poliphenolase yang bersifat racun.
  • Banyak orang memilih singkong dari tanah yang membungkusnya. Kalau tanahnya belum kering berarti berarti singkongnya masih baru, pasti belum ada noda.

Cara mengolah singkong

Saat diolah singkong harus dicuci bersih untuk menghilangkan tanah yang menempel di umbi
singkong. Setelah itu singkong bisa dikupas. Cara mengupasnya cukup mudah, kerat saja bagian tengahnya secara memanjang, lalu tarik bagian yang terkelupas hingga lepas sama sekali dari singkong.
 

Cuci kembali singkong supaya bersih. Apabila belum diolah, rendam singkong terlebih dahulu
agar warnanya tidak berubah. Yang mesti diingat, singkong adalah umbi yang teksturnya
cukup keras, sehingga apabila akan diubah menhadi penganan musti diolah terlebih dahulu
seperti dikukus atau diparut.
 

Apabila singkong hendak dihaluskan seperti untuk membuat getuk, sebaiknya pengukusan singkong harus dilakukan hingga benar - benar empuk. Untuk menghaluskannya bisa menggunakan garpu atau ditumbuk dalam cobek (batu lumpang). Yang mesti diingat, singkong sebaiknya dihaluskan selagi masih panas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Iklan

Komentar Terbaru

Prodimaar